A. Alat Input Pada Komputer
1. Keyboard
Keyboard
Keyboard adalah sebuah perangkat masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
2. Mouse
Mouse
Mouse (tetikus) adalah perangkat keras yang mudah digenggam, umumnya berisi dua tombol dan sebuah bola atau laser dibawahnya untuk menggerakan kursor (pointer). Fungsi mouse adalah untuk menggerakan kursor, melakukan scroll (tidak semua mouse), klik kiri, dan klik kanan. Gerakan kursor dalam keadaan default selalu mengikuti arah perpindahan mouse.
3. Joystick
Joystick
Joystick adalah perangkat keras berbentuk seperti tuas gigi mobil atau seperti stick konsol. Fungsi joystick adalah untuk bermain game atau permainan pada komputer. Stick Xbox bisa digunakan sebagai joystick pada komputer Windows karena sama-sama buatan Microsoft.
4. Trackball
Trackball
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
5. Light pen
Light pen
Lightpen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen(monitor)
6. Scanner
Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengubah data analog (kertas) menjadi data digital. Scanner yang dikombinasikan dengan printer akan menjadi mesin fotocopy berukuran kecil. Hasil scan biasanya berupa gambar atau file PDF.
7. Barcode Reader
Barcode Reader
Barcode Reader atau Barcode scanner adalah alat yang berupa gagangan dan berisi laser berwarna merah untuk memindai barcode. Fungsinya adalah untuk memindai barcode. Barcode adalah kode garis-garis yang biasa terdapat di kemasan sebuah produk swalayan atau gudang perusahaan. Tujuannya adalah untuk mempermudah kasir menghitung total belanjaan dan mempermudah karyawan untuk mengecek isi gudang.
8. Digitizer
Digitizer
Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat atau data analog menjadi data digital
9. CD ROM / DVD ROM
CD ROM
CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.
10. Flashdisk
Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.
11. Modem
Modem
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.
12. CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.
13. Touchpad
Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.
14. WebCam
WebCam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.
15. Microphone
Microphone
Microphone adalah perangkat keras yang dapat mengubah suara analog menjadi suara digital. Fungsi mikrofon adalah untuk merekam suara. Alat ini biasa digunakan saat konferensi atau saat melakukan video call.

B. Alat Output Pada Komputer

1. Monitor
Monitor adalah alat keluaran yang berfungsi memberikan dan menampilkan informasi atau data intruksi yang dihasilkan atau sedang dilakukan komputer.
2. Printer
Printer adalah alat keluaran yang berfungsi untuk mencetak teks atau gambar hasil pengelohan komputer ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi.
3. Plotter
Plotter merupakan alat keluaran yang fungsinya sama dengan printer.perbedaannya adalah plotter digunakan untuk mencetak gambar yang berukuran cukup besar,seperti gambar mesin dan konstruksi bangunan
4. Speaker
Speaker adalah alat keluaran yang berfungsi menghasilkan output dalam bentuk suara
5. Proyektor (Projector)
Proyektor merupakan alat keluaran yang fungsinya sama seperti monitor,biasa digunakan untuk presentasi karna gambar yang dikeluarkan dipancarkan melalui cahaya yang langsung bisa  dipancarkan ke dinding sehingga bisa diatur skalanya.
6. Headset
Headset merupakan alat keluaran yang berfungsi sebagai alat reproduksi suara,memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.
7. Network Card
Network Card adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client
8. Tv Tuner Card
Tv tuner Card adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyiarakn tv pada komputer.
9. Modem
Modem adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet.Modem juga sebagai media masukan ataupun keluaran
10. Automotive navigation system(GPS)
Automotive navigation system(GPS) berfungsi sebagai alat penunjuk arah pada kendaraan yang biasa dipakai padan kendaraan taxi dinegara-negara yang sudah maju.
11. Sound Card
kartu suara (sound card) berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal suara dengan cara mengirimnya ke speaker sebagai output.Kartu suara ini terpasang di slot expansi motherboard
12. Printer Fax
printer fax berfungsi untuk mentransfer salinan (Faksmili) dokumen dalam bentuk teks print out dan sedikit berbeda dari printer komputer,terutama yang beroperasi menggunakan perangkat terjangkau melalui telepon jaringan.
13. Wireless Router
Wireless Router adalah perangkat jaringan yang melakukan fungsi sebuah router,tetapi juga mencakup fungsi sebuah titik akses nirkabel
14. Plasma
Plasma adalah sebuah layar datar emisif di mana cahaya dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar gelas.Gas yang dilepas muatannya tidak mengandung merkuri (berlawanan dngan AMLCD),tetapi menggunakan sebuah campur gas mulia(neon dan xenon)
15.Laser jet printer
Laser jet printer merupakan jenis printer paling bagus kualitasnya dibanding dua jenis printer sebelumnya.Alat mencetaknya tidak menggunakan tinta melainkan menggunakan bubuk toner